Kapolsek Kawasan Gilimanuk Pimpin Pengamanan Kegiatan Ibadah Sholat Idul Adha 1445 H

BALI,ZONAPERISTIWA.COM

Gilimanuk, Jembrana - Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk melaporkan pelaksanaan ibadah Sholat Idul Adha 1445 Hijriah yang berlangsung pada hari Senin, 17 Juni 2024, pukul 07.00 WITA, di Masjid Al-Mubarok, Jalan Raya Gilimanuk - Denpasar, Lingkungan Arum, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Pengamanan acara dilakukan secara terbuka dan tertutup oleh 10 personel Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, KOMPOL I Komang Muliyadi, S.H., M.M. Pengamanan juga dibantu oleh personel PJR Polda Bali Induk III Gilimanuk dan pam swakarsa oleh Banser Al-Mubarok Gilimanuk. Berkat upaya ini, kegiatan berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Ibadah tersebut dihadiri oleh sekitar 750 jamaah yang merupakan warga Kelurahan Gilimanuk. Jamaah datang menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, dan berjalan kaki. Mengingat keterbatasan tempat, pelaksanaan ibadah menggunakan area masjid serta ruas jalan utama Bypass Gilimanuk di depan masjid.

Ustadz Muhamad Ridwan, S.Pd.I., bertindak sebagai khatib, dengan Bilal Muh. Ja'far Shodiq dan Imam Ustadz Toha Maksum. Tema ibadah tahun ini adalah "Bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Dimuliakanlah Para Habil Penyumbang Qurban."

Dalam khutbahnya, Ustadz Muhamad Ridwan mengumumkan bahwa jumlah hewan qurban untuk Kelurahan Gilimanuk pada Idul Adha tahun ini adalah 69 ekor, yang terdiri dari 22 ekor sapi dan 47 ekor kambing. Pemotongan hewan qurban akan dilaksanakan setelah ibadah Sholat Idul Adha, bertempat di Masjid Al-Mubarok dan masing-masing mushola di Kelurahan Gilimanuk.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, KOMPOL I Komang Muliyadi, menyatakan, "Pengamanan ini merupakan wujud nyata dari sinergi yang baik antara pihak kepolisian dan masyarakat. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk memastikan acara berjalan dengan tertib dan aman."

Kegiatan ini menunjukkan kekompakan dan kebersamaan umat muslim di Kelurahan Gilimanuk dalam merayakan hari raya Idul Adha, serta koordinasi yang baik antara warga dan aparat keamanan demi kelancaran dan keselamatan bersama. Kehadiran dan partisipasi seluruh elemen masyarakat menjadikan perayaan Idul Adha kali ini sebagai momentum yang penuh makna dan kebersamaan.

Dengan selesainya pelaksanaan Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan qurban, masyarakat diharapkan dapat terus menjaga kebersamaan dan kerukunan, serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama, sesuai dengan semangat dan nilai-nilai yang terkandung dalam perayaan Idul Adha.(Hms glk)

PEWARTA : JAYA

Editor : zonaperistiwa