Jumat Curhat: Kanit Binmas Polsek Dentim Berikan Pengarahan di BPS, Terkait Penyimpangan Pergaulan R

Dalam Kegiatan Jumat Curhat Kali ini, Kanit Binmas Polsek Dentim Iptu I Nyoman Sujana S.H., memberikan pengarahan mengenai permasalahan penyimpangan pergaulan remaja di Bali Public School (BPS), yang berlokasi di Jln. Drupadi No.52, Sumerta Kelod, Denpasar Timur. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00 Wita dan dihadiri oleh para siswa serta guru BPS, Jumat (31/05/2024) pukul 08.00 Wita.

Dalam pengarahan tersebut Iptu I Nyoman Sujana menyoroti pentingnya pemahaman terhadap bahaya penyimpangan pergaulan di kalangan remaja. Beliau juga menekankan peran penting pendidikan dan pengawasan orang tua serta guru dalam membentuk karakter dan perilaku positif pada remaja.

Baca Juga: Jumat Curhat: Polsek Dentim Dengarkan Keluhan dan Serahkan Sarkon ke Musholla Ahmadiyah

Selama sesi tanya jawab, beberapa murid mengajukan pertanyaan, diantaranya :
- Mengenai geng-geng remaja seperti yang sedang viral saat ini, bernama Gaza, kenapa bisa sampai berkembang?
- Bagaimana cara menghindar dari kejahatan?
- Apa itu Bullying?

Menanggapi hal tersebut Iptu I Nyoman Sujana menjelaskan bahwa geng-geng remaja tersebut dapat berkembang karena kurangnya pengawasan dan perhatian dari lingkungan sekitar, termasuk keluarga dan sekolah. "Peran serta semua pihak sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran dan pengaruh negatif dari geng-geng semacam ini," ujar Sujana.

Baca Juga: Polresta Denpasar Gelar Minggu Kasih di Polsek Denpasar Utara, Warga Antusias Menyampaikan Aspirasi

Menanggapi pertanyaan kedua, Iptu I Nyoman Sujana memberikan beberapa tips praktis seperti selalu berada dalam kelompok saat berada di tempat umum, menghindari daerah rawan kejahatan dan segera melaporkan kejadian mencurigakan kepada pihak berwenang.

Terkait pertanyaan ketiga Iptu Sujana menjelaskan bahwa Bullying adalah tindakan intimidasi atau kekerasan, baik secara fisik maupun verbal, yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti atau menindas korban. "Bullying dapat berdampak negatif pada psikologis dan perkembangan korban, sehingga penting bagi kita semua untuk bersikap empati dan saling menghormati," tegasnya.

Baca Juga: Kegiatan Jumat Curhat Polresta Denpasar di Kantor Lurah Pedungan, Denpasar Selatan

Dalam penutupnya Iptu I Nyoman Sujana mengingatkan para siswa untuk selalu menjaga pergaulan yang sehat dan menjauhi pergaulan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. "Kalian adalah generasi penerus bangsa, mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk belajar dan berkembang," pungkasnya.

Kegiatan Jumat Curhat ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa mengenai bahaya penyimpangan pergaulan dan pentingnya menjaga diri dari pengaruh negatif. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat membantu membentuk generasi muda yang lebih baik dan berprestasi.

Editor : zonaperistiwa