Ribuan Warga Pedungan Laksanakan Melasti, Polsek Benoa Berikan Pengamanan .

BALI,ZONAPERISTIWA.COM

Kegiatan persembahyangan Melasti merupakan persembahyangan yang cukup sakral bagi umat Hindu sebelum melaksanakan catur brata penyepian.

Melasti menurut konsepnya adalah persembahyangan umat Hindu yang bertujuan untuk penyucian diri serta benda sakral milik pura (pralingga atau pratima dan segala perlengkapannya).

Kegiatan Melasti yang diikuti oleh ribuan warga dari seluruh warga Desa Adat Kelurahan Pedungan yang terdiri dari 14 banjar ini, dilaksanakan di Pemelisan Desa Adat Pedungan perairan Benoa pada hari Jumat tgl (8/3 ) dimulai pukul 05.00 Wita.

Mengingat pentingnya dan banyaknya warga yang melaksanakan kegiatan persembahyangan ini, Polsek Benoa Polresta Denpasar menurunkan kekuatan yang maksimal sebanyak 29 orang baik unit terbuka maupun tertutup.

Menurut Keterangan Kapolsek Benoa Kompol I Wayan Sueca, S.Pd., Pengamanan dan pengaturan terhadap kegiatan melasti ini, Personil Polsek Benoa bersinergi dengan Pecalang Desa Pedungan maupun Dishub Kota Denpasar, hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan kelancaran kepada umat yang akan melaksanakan persembahyangan, Ujarnya.

Persembahyangan Melasti ini dipuput oleh Mangku dari Khayangan Tiga Pura Pusah Dalem Pedungan dibantu oleh mangku dari masing masing Banjar yang ada di Desa Pedungan Denpasar Selatan.

Dalam memberikan kelancaran lalu lintas, kami melakukan Contraflow atau rekayasa lalu lintas untuk sebagian jalan yang menuju pelabuhan Benoa.

“Kami berharap dan berupaya agar kegiatan persembahyangan ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan apa pun, sehingga rangkaian pelaksanaan Catur Brata Penyepian selanjutnya dapat berjalan dengan baik dan kidmat,” Ujar Kapolsek Kompol Sueca.(Tmr/Red)

Editor : zonaperistiwa