PELITA AIR MENGUDARA PERDANA DARI BANDARA JUANDA

avatar Zona Peristiwa

zonaperistiwa Sidoarjo - Jelang momen natal dan tahun baru, maskapai Pelita Air buka rute penerbangan reguler Jakarta Surabaya Jakarta. Penerbangan yang mulai beroperasi pada Jumat 16 Desember 2022 ini terbang secara reguler setiap hari dengan frekuensi 12 kali dalam seminggu menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi atau Silver Class.

General Manager Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menyambut baik pembukaan rute baru tersebut. Selamat datang kami ucapkan kepada Pelita Air. Kami sangat mendukung dan antusias atas beroperasinya Pelita Air di Bandara Juanda melalui rute Surabaya-Jakarta. Semoga dengan semakin banyaknya maskapai yang beroperasi di Bandara Juanda dapat segera membangkitkan industri aviasi nasional, ungkap Sisyani.

Penerbangan perdana Pelita Air disambut dengan water salutation, sebuah tradisi penghormatan di industri penerbangan untuk pesawat yang pertama kali mendarat di sebuah bandara dengan cara menyemprotkan air dari kendaraan pemadam kebakaran bandara pada kedua sisi pesawat saat akan memasuki _parking stand_ .

Dengan nomor penerbangan IP202, pesawat dari Jakarta tersebut mendarat pada pukul 19.22 WIB membawa 168 penumpang. Selanjutnya, pesawat kembali mengudara mengangkut 171 penumpang tujuan Jakarta dengan nomor penerbangan IP201 pada pukul 20.22 WIB.

Bagi Pelita Air, rute penerbangan Jakarta-Surabaya-Jakarta ini merupakan rute penerbangan berjadwal ketiga setelah sebelumnya pada 28 April 2022 membuka rute Jakarta-Bali-Jakarta dan pada 20 Juni 2022 membuka rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta.

Berdasarkan data trafik Bandara Juanda periode Januari hingga November 2022 rute Surabaya Jakarta merupakan rute domestik dengan jumlah penumpang terbanyak yakni 2.436.320 penumpang dengan 52 pergerakan pesawat setiap harinya, disusul rute Makassar dengan 23 pergerakan pesawat dan Denpasar 19 pergerakan pesawat per hari.

Sisyani menambahkan hadirnya Pelita Air diharapkan mampu bersaing dengan maskapai lainnya melalui inovasi layanan untuk kepuasan pelanggan, terlebih mendekati momen natal dan tahun baru. Dengan penambahan rute penerbangan ini Sisyani berharap rute yang dibuka bisa berjalan dengan lancar dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang pesawat udara.

Kukuh, salah seorang penumpang pada penerbangan tersebut mengaku mendapat impresi awal yang mengesankan karena tambahan maskapai di Bandara Juanda dapat mempercepat mobilitas antar wilayah yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis seperti dirinya. "Cukup antusias dengan penerbangan pertama Pelita Air ini karena menambah alternatif pilihan maskapai menuju Jakarta," ungkapnya. (Red)

Editor : zonaperistiwa