Jumat Curhat Polresta Denpasar Bersama Kepala Desa Sanur Kauh dan Lurah Sanur

Denpasar, Jumat, 17 Mei 2024 pukul 08.00 WITA, telah dilaksanakan kegiatan Jumat Curhat sekaligus silaturahmi Kaporesta Denpasar, Kombespol Wisnu Prabowo, S.I.K., M.M., bersama Kepala Desa Sanur Kauh dan Lurah Sanur. Acara tersebut berlangsung di Warung D'Carik, Jalan Tukad Nyali, Desa Sanur Kaja, Denpasar Selatan.

 

Baca Juga: Jumat Curhat: Polsek Dentim Dengarkan Keluhan dan Serahkan Sarkon ke Musholla Ahmadiyah

 

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kapolsek Denpasar Selatan, AKP I Komang Agus Dharmayana W., S.I.K., M.Si., Waka Polsek Denpasar Selatan Gede Suardika, Kanit Binmas Polsek Denpasar Selatan Iptu Dewa Made Arnawa, S.H., Kanit Intelkam Iptu Gusti Made Dedek Yudistira, S.H., M.M., Kanit Lantas Iptu Ida Bagus Gede Krisnayana Manuaba, S.H., Panit 2 Samapta Ipda Putu Parwita, Kanit Provos Aiptu Dewa Ketur Herly Supangkat, Kepala Desa Sanur Kauh, Lurah Sanur, dan Ketua Organisasi Masyarakat Sanur Bersatu.

 


Kaporesta Denpasar membuka kegiatan dengan meminta dukungan serta kerjasama dalam menjaga harkamtibmas di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, khususnya di Desa Sanur Kauh, Kelurahan Sanur, maupun Desa Sanur Kaja. Beberapa hal yang disampaikan antara lain:

 


1. Pentingnya Program Jumat Curhat

   - Program ini bertujuan untuk membangun kehangatan dan keakraban antara Kepolisian dengan masyarakat, di mana masyarakat dapat menyampaikan langsung permasalahan dan keluhan di lingkungan mereka kepada Polisi.

 


2. Keamanan Bali  - Menyoroti peningkatan kasus pencurian yang disebabkan oleh kurangnya pengamanan atau kelalaian masyarakat, seperti tidak mengunci stang kendaraan saat parkir.

 


3. **Pemasangan CCTV**:

   - Kapolsek meminta kepada lurah dan kepala desa untuk menghimbau pemilik kos dan tempat usaha agar memasang CCTV guna memudahkan pemantauan jika terjadi kriminalitas. Diharapkan juga rumah kos memiliki pintu gerbang akses keluar masuk untuk meminimalisir kejahatan.

 


**Penyampaian Ida Bagus Raka Jisnu, Ketua Organisasi Masyarakat Sanur Bersatu dan Pensiunan Lurah Sanur**:

Baca Juga: Polresta Denpasar Gelar Minggu Kasih di Polsek Denpasar Utara, Warga Antusias Menyampaikan Aspirasi

- Desa Sanur terdiri dari dua Desa Dinas, yakni Desa Sanur Kaja dan Desa Sanur Kauh, serta satu Kelurahan, yaitu Kelurahan Sanur, dengan tiga desa adat: Desa Adat Sanur, Desa Adat Intaran, dan Desa Adat Penyaringan yang mencakup 30 Banjar.

- Sanur hanya memiliki satu organisasi masyarakat, Sanur Bersatu, yang anggotanya diambil dari masing-masing Banjar. Organisasi luar seperti Laskar Bali dan Baladika tidak masuk ke wilayah Sanur.

- Organisasi ini siap mendukung Polsek Denpasar Selatan dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif di wilayah Sanur.

 


**Penyampaian Lurah Sanur, Ida Bagus Windu Segara, S.Sos.**:

- Akan melanjutkan program lurah sebelumnya untuk menjaga kamtibmas di Kelurahan Sanur dengan rutin mengadakan penertiban penduduk guna mengantisipasi mobilitas penduduk pendatang.

- Menyambut baik saran Kapolsek terkait pemasangan CCTV, khususnya di tempat kos, tempat usaha, dan pusat keramaian untuk membantu mengungkap dan meminimalisir kriminalitas.

 

Baca Juga: Kegiatan Jumat Curhat Polresta Denpasar di Kantor Lurah Pedungan, Denpasar Selatan


**Penyampaian Kepala Desa Sanur Kauh, Made Ada, S.Sos**:

- Menyampaikan tentang penutupan akses pembuangan sampah ke TPA Suwung terkait pelaksanaan WWF, yang dapat menghambat proses pembuangan limbah, khususnya sampah restoran di Sanur.

- Menjelaskan bahwa sampah organik basah dari restoran sudah ada yang diambil untuk pakan ternak, tetapi masih terkendala dalam menentukan tempat pembuangan sampah selama kegiatan berlangsung.

 


Kapolsek Denpasar Selatan juga menekankan pentingnya dukungan dari masyarakat melalui stakeholder dengan menjalin sinergitas dan komunikasi yang baik. Jika terjadi gangguan kamtibmas atau mengetahui adanya pelaku kriminalitas di wilayahnya, masyarakat diminta segera menginformasikan kepada Polsek Denpasar Selatan untuk dapat ditindaklanjuti.

 


Kasi Humas Polresta Denpasar, AKP I Ketut Sukadi, menyampaikan harapannya agar kegiatan Jumat Curhat ini terus menjadi jembatan antara Polri dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

Editor : zonaperistiwa