Kapolda Bali Menerima Audensi dari Ketua MUI Bali*

BALI,ZONAPERISTIWA.COM

Kapolda Bali Menerima Audensi dari Ketua MUI Bali

Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., didampingi oleh Direktur Intekam Polda Bali Kombes. Pol. Mohamad Ridwan, S.I.K., M.M., dan Kabid Propam Polda Bali Kombes. Pol. I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H., saat menerima Audiensi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali yang bertempat di Ruang Tamu Kapolda Bali, Kamis (11/1/2024).

Adapun maksud dan tujuan dari kedatangan Ketua MUI Provinsi Bali di Mapolda Bali adalah untuk menjalin tali silahturami dengan Kapolda Bali, sekaligus juga dalam rangka perkenalan dari beberapa pengurus MUI di Provinsi Bali.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bali Drs. H. Mahrusun Hadyono, M.Pd.I., menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaannya untuk meluangkan waktu pada audensi tersebut, dan juga untuk menyikapi beberapa kejadian yang dapat mengganggu kerukunan antar umat beragama yang telah terjalin baik di wilayah Bali.

_”Saya mengucapkan terima kasih bapak Kapolda atas ketersediaan waktunya untuk menerima permohonan audiensi dari kami MUI Provinsi Bali,”_ ucapnya.

Kemudian, Ketua MUI Provinsi Bali juga menyampaikan terkait Video yang beredar di masyarakat, khususnya Masyarakat Bali terkait pernyataan dari salah satu Tokoh Hindu di Bali yang hal tersebut dinilai dapat menimbulkan perpecahan antara Umat Muslim dengan Umat Hindu.

_”Menyikapi hal tersebut, kami berharap agar Bapak Kapolda dapat menindaklanjutinya, khususnya apabila ada hukum yang dilanggar dengan adanya pernyataan tersebut,”_ tambahnya.

Kedepannya juga, Ketua MUI Provinsi Bali ini mengharapkan Polda Bali dapat ikut berpartisipasi dalam mensosialisasikan bagaimana untuk saling menghormati keberagaman yang ada di Pulau Bali.

_”Kami berharap kedepannya dari Polda Bali turut serta dalam mensosialisasikan bagaimana menghormati keberagaman yang ada, khususnya di Pulau Bali ini. Sehingga hal-hal yang dapat menimbulkan perpecahan antara suku, ras, dan agama yang dapat diantisipasi lebih awal,”_ tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menyambut baik kedatangan Ketua MUI Provinsi Bali di Mapolda Bali sekaligus berharap agar kedepannya tali silahturahmi dan komunikasi yang sudah terjalin selama ini antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali dengan Polda Bali beserta Jajaran bisa terus berlangsung dengan baik.

_”Jalinan silaturahmi yang telah terjalin baik ini agar tetap terjaga, sehingga permasalahan yang timbul di masyarakat bisa segera mendapat tindaklanjut dari pihak Kepolisian,”_ ucapnya.

Terkait beberapa hal yang berkaitan dengan pernyataan dari salah satu Tokoh Hindu Bali seperti yang disampaikan oleh Ketua MUI Provinsi Bali, Jenderal Bintang Dua ini menyampaikan bahwa akan menindaklanjuti apa bila ada hukum yang dilanggar dan akan diproses dengan ketentuan sesuai Undang-Undang.

_”Kami dari Polda Bali akan menindaklanjuti kendala-kendala yang tadi disampaikan, khususnya apabila ada Hukum yang dilanggar akan kami proses sesuai dengan prosedur yang berlaku. Apabila tidak ada hukum yang dilanggar maka kami akan membantu menengahi dan memediasi dari pihak pihak yang merasa dirugikan,”_ ungkap Kapolda.

_”Kami dari Polda Bali selalu melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana menjaga Kebinekaan di Pulau Bali, termasuk menghargai keberagaman yang ada sehingga kedepannya tidak ada lagi hal-hal yang bisa memicu pertikaian antar Suku, Ras, dan Agama yang ada, khususnya di Pulau Bali ini,”_ tanggap Kapolda Bali.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan pada akhir audensi para peserta dari Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali dan PJU yang mendampingi melaksanakan sesi foto bersama dengan Kapolda Bali.(Tmr/Red)

Editor : zonaperistiwa