Jumat Curhat di Pasar Jimbaran: Pedagang Curhat Soal Keamanan, Polisi Beri Solusi

Jimbaran, Badung - jumat 22 maret 2024 ,  Kepolisian Resor Kota Denpasar menggelar kegiatan Jumat Curhat di Balai Banjar Menega, Jimbaran, Badung, Kegiatan ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi, keluhan, dan laporan terkait gangguan Kamtibmas dari para pedagang Pasar Jimbaran.

Acara ini dimonitor langsung oleh Waka Polresta Denpasar AKBP I Made Bayu Sutha Sarana, S.Ik., M.H. dan dihadiri oleh Kasat Binmas Polresta Denpasar (Kompol Cok Gede Arim Mahaputra, S.H), Kapolsek Kuta Selatan (Kompol Tri Joko Widiyanto A.Md.S.H), Wakasat Intelkam Polresta Denpasar, Kasi Humas Polresta Denpasar (AKP I Ketut Sukadi ), Kasi Propam Polresta Denpasar diwakili, Kanit Kamsel Satlantas Polresta Denpasar, Kanit IV Satintelkam Polresta Denpasar, Kanit Binmas Polsek Kuta Selatan, Kanit Intelkam Polsek Kuta Selatan, Kanit Samapta Polsek Kuta Selatan, Kapospol Jimbaran, Bhabinkamtibmas Kelurahan Jimbaran.

Baca Juga: Jumat Curhat, Polsek Densel Bersama Komunitas Sopir Taksi Pelabuhan Sanur

Kepala Pasar Jimbaran, Made Sumberjaya menyampaikan terima kasih atas acara ini dan melaporkan bahwa di wilayah Jimbaran terdapat 225 pedagang. Dalam 10 tahun kepemimpinannya, kriminalitas di Pasar Jimbaran terbilang rendah. Pasar Jimbaran telah bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas dan Ka Pos Pol Jimbaran terkait keamanan. Kasus yang menonjol adalah kasus hipnotis dengan kerugian mencapai puluhan juta rupiah dan sedang diselidiki oleh pihak kepolisian. Kelemahan di Pasar Jimbaran adalah kurangnya CCTV.

Kasat Binmas Polresta Denpasar Kompol Cok Gede Arim Mahaputra, S.H. menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Curhat merupakan program dari Kapolri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan menyerap informasi terkait potensi gangguan Kamtibmas.

Kapolsek Kuta Selatan Kompol Tri Joko Widiyanto A.md.S.H. menyampaikan bahwa Polsek Kuta Selatan siap menerima laporan dan keluhan masyarakat terkait keamanan dan ketertiban. Terkait CCTV, pihaknya akan melaporkannya kepada forum yang lebih tinggi.

Baca Juga: Cuti Lebaran Polsek Kuta Jalin Komunikasi Dengan Warga Dalam Jum"at Curhat

Dalam sesi tanya jawab, beberapa pedagang menyampaikan keluhan tentang keamanan di Pasar Jimbaran. Salah satu pedagang, Made, meminta penempatan anggota pada saat jam pasar ramai dan pemasangan CCTV.

Kapolsek Kuta Selatan menanggapi bahwa pihaknya akan menambah personil untuk pengaturan di pasar dan menindaklanjuti kasus hipnotis. Petugas berpakaian preman juga akan ditempatkan di pasar untuk melakukan penyelidikan.

Waka Polresta Denpasar AKBP I Made Bayu Sutha Sarana,S.Ik,M.H. menyampaikan pesan Kamtibmas dan solusinya , bahwa pasar perlu manajemen keamanan dengan melibatkan pam swakarsa desa, Petugas PH akan ditempatkan di jam pasar dan petugas parkir harus mengawasi kendaraan serta warga masyarakat harus bisa menjadi polisi bagi diri sendiri.

Baca Juga: Jumat Curhat Polsek Kuta Selatan: Menjaring Aspirasi dan Solusi Kamtibmas di Pantai Dreamland

"Mari kita sama-sama jaga situasi Kamtibmas yang kondusif, terutama di pasar karena sangat rawan terjadi berbagai kejahatan. Sampaikan kepada pihak Kepolisian jika terjadi permasalahan," pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan bingkisan.

Editor : zonaperistiwa