Pangdam Pimpin Rapim, Jabarkan Program Prioritas Tahun 2024

ZONA PERISTIWA.COM

Denpasar - Rapat Pimpinan Kodam IX/Udayana yang diselenggarakan setiap awal tahun merupakan tindak lanjut dari Rapat Pimpinan TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Rapim adalah salah satu langkah strategis, dimana para Dansat dapat berkoordinasi dan berkomunikasi untuk membahas program serta strategi dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. Oleh karenanya, sangat tepat apabila momentum ini dimanfaatkan untuk memantapkan pelaksanaan tugas selanjutnya.

 

"Selama satu tahun terakhir kita telah bekerja secara maksimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan negara. Untuk itu, saya memberikan apresiasi setinggi-tinginya kepada seluruh Prajurit serta PNS Kodam IX/Udayana yang telah berkomitmen mensukseskan rangkaian tugas di Tahun 2023, sehingga dapat terlaksana dengan aman, tertib dan lancar," ujar Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi saat membuka Rapim Kodam IX/Udayana, di Aula Supardi Makodam, Denpasar, Jumat (15/3/2024).

 

Sejalan dengan hal tersebut, Pangdam juga menyampaikan bahwa pimpinan menginginkan TNI yang PRIMA, yaitu Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif. Maka dari itu, Kodam IX/Udayana harus terus berupaya menyempurnakan organisasi dengan secara berkesinambungan melanjutkan pembangunan dan pengembangan gelar kekuatan sehingga siap untuk melaksanakan dinamika tugas kedepan untuk Indonesia maju. Dengan demikian, sangat tepat bila Rapim Kodam IX/Udayana kali ini mengambil tema “Kodam IX/Udayana Siap Mewujudkan Pertahanan Yang Tangguh Untuk Indonesia Maju”.

 

"Saya berharap para peserta Rapim dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk membahas hal-hal yang strategis bagi Kodam IX/Udayana sehingga dapat menyamakan persepsi, bekerja sama dan menguatkan jalinan komunikasi yang harmonis serta memantapkan soliditas dan profesionalitas Kodam IX/Udayana untuk lebih optimal dalam mendukung efektivitas pencapaian tugas pokok. Ikuti Rapim ini dengan seksama dan penuh rasa kebanggaan terhadap profesi kita, bekerjalah profesional dengan loyalitas yang tinggi serta kebersamaan dalam bertugas," demikian pesan Pangdam.

 

Rapim Kodam IX/Udayana yang kali ini dilaksanakan selama sehari penuh ini diisi dengan berbagai agenda paparan, diawali oleh Irdam IX/Udayana yang memaparkan tentang temuan pengawasan TA. 2023 serta Pokok-pokok Program Kerja dan Anggaran (Progjagar) bidang Pengawasan TA. 2024. Dilanjutkan dengan pemaparan Progjagar dari para Asisten Kasdam sesuai bidangnya masing-masing.

 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti dengan baik rangkaian kegiatan Rapim Kodam IX/Udayana TA 2024. Dengan berakhirnya Rapim pada hari ini, saya berharap program kerja dan anggaran TA 2024 yang sudah disampaikan oleh para pejabat terkait nantinya akan dapat diteruskan serta dijabarkan hingga ke satuan pelaksana paling bawah," ucap Pangdam saat menutup kegiatan Rapim.

 

Sebelum mengakhiri kegiatan, Pangdam menekankan pokok-pokok kebijakan Pangdam IX/Udayana tahun 2024 dalam visi dan misi Kodam IX/Udayana ke depan agar dapat diimplementasikan, yang menjadi prioritas diantaranya adalah peningkatan ketersediaan jumlah titik air bagi masyarakat, upaya menurunkan angka stunting secara terpadu, peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap tanggap bencana, serta meminimalkan risiko kerugian akibat bencana.

 

Hadir dalam kegiatan Rapim tersebut diantaranya, Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/WS, Danrem 162/WB, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, Para Pa Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Pa LO AL dan Pa LO AU Dam IX/Udayana, Para Dan/ Kabalakdam Jajaran Kodam IX/Udayana, serta Para Dandim jajaran Korem se-Kodam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy) (TIM)

Editor : zonaperistiwa