Jelang Nyepi Pawas Polsek Denbar Sambangi Yowana Banjar Titipkan Pesan Kamtibmas

 


Denpasar - Sebagai upaya menciptakan situasi yang kondusif pasca Pemilu 2024 dan menjelang hari raya Nyepi tahun baru Saka 1946, Polsek Denpasat Barat (Polsek Denbar) dipimpin Perwira Pengawas (Pawas) Iptu Petrus Peta, S. H., melaksanakan patroli untuk memantau para yowana atau pemuda Banjar yang sedang merampungkan pembuatan ogoh-ogoh, Sabtu(2/3/2024) malam. 

Baca Juga: Jumat Curhat Polresta Denpasar Ajak Warga Peguyangan Kaja Jaga Kamtibmas Bersama

 


Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 didaerah hukum Polsek Denbar dimana harkamtibmas harus tetap terjaga, seperti halnya mengecek keberadaan jumlah ogoh ogoh di daerah hukum Polresta Denpasar dan jajaran yang merupakan arahan serta perintah Kapolresta Denpasar Kombes Pol Wisnu Prabowo, S. IK., M. M. untuk mencegah terulangnya kejadian berita viral terkait pengerusakan maupun pembakaran ogoh-ogoh. 

 


"Kami rutin memantau ogoh-ogoh di masing-masing Banjar yang ada sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayah Kecamatan Denpasar Barat. Kami juga menitipkan pesan-pesan kamtibmas kepada para yowana yang sedang mengerjakan ogoh-ogoh untuk selalu memonitor dan menjaga secara, bergantian dimalam hari," terang Iptu Petrus. 

Baca Juga: Polsek Dentim Gelar Jumat Curhat di Pura Luhur Dalem Muter Jagad Kesiman

 


Ia juga menambahkan, pada saat parade diharapkan para yowana tidak ada yang mengkonsumsi miras atau sejenisnya yang dapat memicu gesekkan atau perkelahian antara pengusung ogoh-ogoh satu dengan lainnya. 

 

Baca Juga: Polresta Denpasar Gelar Upacara Serah Terima Jabatan Tiga Kapolsek Jajaran


Kapolsek Denbar Komisaris Polisi I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan patroli ini adalah langkah preventif untuk mengantisipasi adanya aksi pengurasakanbdan pembakaran terhadap ogoh-ogoh yang tanpa adanya penjagaan, untuk itu diharapkan kerjasama dan peran serta masyarakat terutama yowana agar turut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban disekitar lingkungan banjarnya. 

 


“Semoga dengan adanya patroli sambangi Banjar ini dapat mengantisipasi sekaligus mencegah niat dan kesempatan pelaku pengerusakan yang ingin menciptakan gangguan kamtibmas menjelang hari raya Nyepi tahun ini”, ucap Kapolsek.

Editor : zonaperistiwa