Plt Bupati Subandi Bangun Kekompakan untuk Sidoarjo

Zonaperistiwa Sidoarjo - Plt Bupati Sidoarjo H Subandi SH., M.Kn punya seni sendiri untuk membina hubungan yang egaliter para aparatur sipil negara (ASN). Jumat pagi (21/6), mereka diajak berolahraga bareng di Alun-Alun Sidoarjo.Senam bersama. Bersih-bersih sampah bersama. 

Tiba di alun-alun, Subandi bertemu pada kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Ada Kepala Bappeda Heri Susanto, Kepala Dinas Kominfo Noer Rochmawati, Kepala Dinas Pendidikan Tirto Adi, Kepala Dinas Perikanan Dwijo Prawito, Kepala Disporapar Yudi Iriyanto, Kepala Dishub Benny Airlangga, Kepala Satpol PP Sidoarjo Yany Setyawan, dan lain-lain.

Mereka lalu mengambi tempat di alun-alun.

 

Begitu musik menghentak, instruktur senam pun dengan bergoyang energik. Ratusan ASN Pemkab Sidoarjo pun segera mengatur posisi untuk bersiap-siap senam bareng-bareng. 

Bersama Plt Bupati Subandi, semua ASN bergerak rancak mengikuti irama. Kompak. Tidak lagi ada sekat antar-OPD. Semuanya melakukan gerakan mengikuti instruktur. Sesekali terdengar terikan gembira. Bersemangat. 

Subandi juga tidak terlihat canggung berada di antara ASN. Pejabat yang masih rajin berolahraga sepak bola itu terlihat mengikuti gerakan apa saja. Tidak terlihat lelah. Justru segar bugar. Fisiknya tampak masih prima di usia yang mencapai 52 tahun. 

’’Saya sangat berterima kasih kepada semua ASN yang hari ini ikut senam sehat. Inilah salah satu cara kita untuk bisa kompak dalam bekerja membangun Sidoarjo,’’ ungkap Subandi.

Bagi Subandi, membangun Sidoarjo tidak bisa dilakukan oleh dirinya sebagai pimpinan daerah. Begitu juga kepala-kepala OPD. Tidak mungkin mereka bisa bekerja sendirian. Momen berbaur dengan olahraga bersama ini adalah kesempatan untuk menjalin kekompakan dan kebersamaan. 

’’Saya ingin sekali pimpinan berbaur dengan staf. ASN berkumpul dengan masyarakat. Tujuan kita sama, membangun Kabupaten Sidoarjo dengan kebersamaan,’’ tambah Subandi yang pernah menjabat kepala desa dua periode tersebut. 

Subandi mengajak siapa saja yang mau bergabung untuk ikut berolahraga setiap Jumat pagi. Masyarakat umum silakan. Anak-anak muda, mahasiswa, siswa-siswi sekolah dipersilakan bergabung. Begitu pula instansi dan anggota-anggota DPRD Sidoarjo. Kesempatan informal ini sangat berharga.

’’Kalau ada masalah bisa disampaikan. Kita bicarakan solusinya bersama. Pimpinan, ASN, dan maupun masyarakat bisa berinteraksi saat olahraga Jumat pagi,’’ ungkap Subandi. 

 Begitu senam bersama selesai, banyak warga yang ingin berfoto bersama. Para ASN juga tidak sungkan-sungkan lagi berpose bareng Plt Bupati. Kepala-kepala dinas juga tidak mau ketinggalan. Ada yang sudah membawa sapu malah berpose dengan sapu di tangan masing-masing.

’’Intinya saya ingin merangkul semuanya. Mengguyubkan semuanya. Ini semua demi kemajuan Kabupaten Sidoarjo” katanya.

Subandi pun terlihat menyapu bareng-bareng kepala dinas dan pegawai Pemkab Sidoarjo. Mengambili kertas, plastik, dan dedaunan yang berserakan. Lalu, memasukkan sampah-sampah itu tersebut ke dalam kantong plastik hitam. 

Di tengah-tengah menyapu dan mengambil sampah itu ternyata ada saja warga yang minta foto bersama. Subandi pun melayani mereka dengan sabar. Bahkan, ada yang berombongan. Ibu-ibu muda.Bapak-bapak. Maupun beberapa remaja yang ikut senam di Alun-Alun Sidoarjo. 

Bersih-bersih selesai. Subandi pun melayani permintaan wawancara para jurnalis. Kepada media, Subandi mengatakan senam bersama ini akan diperluas ke berbagai kecamatan. Bisa di GOR, di kecamatan-kecamatan, desa-desa atau fasilitas Pemkab Sidoarjo lainnya. Agar para ASN tetap sehat dan bugar saat menjalankan tugas.

’’Yang tidak kalah penting, kerja bakti bersama juga diperluas. Kita ajak para kepala desa agar desa semakin bersih,’’ tambah Subandi. 

Sekali lagi Subandi mempersilakan warga masyarakat yang ingin bergabung olahraga bersama. Siapa saja dipersilakan datang ke alun-alun, lalu olahraga bareng-bareng. Semuanya saja. 

’’Kabupaten Sidoarjo ini milik kita bersama. Mari kita jaga dan bangun bersama-sama juga,’’ ungkap Subandi. 

Setelah senam dan kerja bakti bersama selesai, Plt Bupati Subandi mengajak para pejabat, ASN, media, dan warga ikut sarapan bareng di Paseban Alun-Alun Sidoarjo. Subandi berbincang hangat dengan Staf Ahli Bupati Sidoarjo sekaligus Plt Kepala BPBD Mustain Baladan, Kepala DLHK Bahrul Amig, Kepala Dinas Koperasi Edi Kurniadi, dan lain-lain. (Red)

Editor : zonaperistiwa