PDIP Surabaya Potong 15 Sapi saat Idul Adha, Eri Cahyadi-Armuji: Perkuat Kesolidan dan Gotong Royon

Zonaperistiwa SURABAYA - Keluarga besar PDI Perjuangan Kota Surabaya menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam yang merayakan, terutama di Kota Pahlawan. 

Hari Raya Idul Adha, yang jatuh Senin 17 Juni 2024, menjadi momentum yang baik untuk memperkuat jiwa spiritual para kader banteng. Membumikan semangat pengurbanan kepada sesama. 

“Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Islam yang merayakan, terutama di Kota Surabaya. Idul Adha adalah momentum bagi kita semua untuk menjadi pribadi dengan spiritual yang baik,” ujar Adi Sutarwijono, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Idul Adha memperkuat jiwa gotong dengan bekerja sama satu sama lain, dan saling membantu sesama insan yang membutuhkan,” kata Adi, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Para kader PDI Perjuangan Surabaya yang beragama Islam melaksanakan berbagai ibadah menyambut Idul Adha dengan penuh antusias dan khidmat. Mulai dari menggemakan takbir, sholat Idul Adha, hingga pemotongan hewan-hewan kurban. 

Seusai menjalankan sholat Ied, kader-kader PDI Perjuangan Surabaya melakukan pemotongan hewan kurban. Meneladani ketaqwaan, pengorbanan dan keikhlasan yang diteladankan Nabi Ibrahim AS dan puteranya Nabi Ismail AS. 

Pemotongan hewan kurban dengan menggunakan jasa dari Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Pegirian, yang merupakan BUMD Pemerintah Kota Surabaya.

“Alhamdullilah, berkenaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, PDI Perjuangan Surabaya memotong hewan kurban 15 sapi. Meningkat dari tahun lalu 11 sapi. Diperoleh dari gotong royong 3 pilar PDI Perjuangan dan melibatkan struktur partai paling bawah,” ujar H. Budi Leksono, Ketua Panitia Idul Adha yang dibentuk PDI Perjuangan Kota Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi, yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, hadir di RPH Surabaya sebelum pemotongan hewan kurban. Eri didampingi istri, Rini Indriyani, menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Selamat Hari Raya Idul Adha. Kita bersyukur, pelaksanaan kurban tahun ini bisa lebih baik. Jumlah sapi juga semakin banyak dan lebih barokah. Idul Adha menguatkan jiwa pengorbanan kita, memperkuat gotong royong dan soliditas kader PDI Perjuangan bersama warga masyarakat,” kata Eri Cahyadi.

“Selamat Idul Adha. PDI Perjuangan terus bergerak. Solid! Bergerak untuk warga Kota Surabaya yang semakin baik,” kata Armuji, Wakil Walikota Surabaya. Ia juga dikenal kader senior PDIP.

Dikatakan Budi Leksono, 15 sapi berasal dari gotong royong berbagai pihak. Mulai DPD PDI PDI Perjuangan Jawa Timur, Walikota Eri Cahyadi, Wakil Walikota Armuj. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya dan Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, para anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya.

Pemotongan hewan kurban dan pendistribusian daging dilakukan dengan menggerakkan gotong royong semua pihak dan sinergi 3 pilar PDI Perjuangan Kota Surabaya. Didistribusikan ke 31 kecamatan.

“Tiga pilar meliputi para pengurus struktur partai, kader-kader yang bertugas di legislatif, hingga kader yang ditugaskan di lembaga eksekutif,” ujar Achmad Hidayat, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.

“Sebelum dipotong, 15 sapi terlebih dulu dicek kesehatan dulu. Dipastikan para sapi terbebas dari penyakit kuku dan mulut. Diperiksa oleh dokter hewan dari RPH Surabaya,” ujar Budi Leksono, yang juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya bidang keagamaan.

Pemotongan hewan kurban juga 

melibatkan personel Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kota Surabaya. Bamusi adalah organ sayap PDI Perjuangan yang bergerak di bidang dakwah agama Islam. 

Terlihat Ustadz Mukhlis Amal, pengurus Bamusi Surabaya ikut mendampingi ketika hewan kurban datang di RPH Pegirian sampai saat pemotongan. Mukhlis sekaligus memimpin doa sebelum pemotongan hewan kurban.

Sebelumnya, PDIP Surabaya melakukan persiapan matang untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Rapat-rapat melibatkan pengurus anak cabang semua kecamatan dan kader-kader banteng di akar rumput

“Terima kasih Bapak Said Abdullah, Ketua DPP PDI Perjuangan dan Ketua DPD PDI Perjuangan. Matur nuwun Bapak Eri Cahyadi dan Bapak Armuji. Matur nuwun DPC PDI Perjuangan dan Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya. Terima kasih atas pelayanan jasa pemotongan di RPH Surabaya,” kata Khusnul Khotimah, Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya.

“Terima kasih atas gotong royong kader-kader PDI Perjuangan hingga kader banteng di akar rumput. Ini menunjukkan kesolidan gerak 3 pilar PDI Perjuangan,” kata Achmad Hidayat, Wakil Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya.(red)

Editor : zonaperistiwa