Simakrama Pangdam IX/Udayana Dengan Tokoh Agama dan Adat

ZONA PERISTIWA.COM

Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IX/Udayana Ny. Dian Bambang Trisnohadi beserta rombongan mengunjungi beberapa Pura yang termasuk Pura Sad Kahyangan Jagad di Bali, pada Selasa (19/3/2024).

Pura Sad Kahyangan Jagad, adalah enam pura utama yang menurut kepercayaan masyarakat Bali merupakan sendi-sendi tegaknya pulau Bali dan pura-pura ini adalah poin penting dari Pulau Bali untuk memberikan keseimbangan spiritual.

Sebagai pejabat baru di Bali Pangdam IX/Udayana berkesempatan mengunjungi Pura Sad Kahyangan Jagad diantaranya Pura Ulun danu Batur di Kintamani Kabupaten Bangli, Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem dan Pura Goa Lawah di Kabupaten Klungkung.

Kunjungan dan simakrama diawali dari Pura Ulun Danu Batur Pangdam IX/Udayana beserta rombongan tiba di Balai Pesandekan (Wantilan) diterima oleh Jero Gede Batur Duuran didampingi oleh Jero Penyarikan Duuran, Dandim 1626/Bangli, Kapolsek dan Camat Kintamani. Selanjutnya Pangdam beserta rombongan melaksanakan doa yang dipimpin oleh Jero Mangku Arta, setelah melaksanakan doa Pangdam IX/Udayana menyerahkan Dana Punia untuk Pura Ulun Danu Batur yang diterima oleh Jero Gede Batur Duuran selaku pengurus Pura.

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Pura Agung Besakih yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Setibanya di tempat Pangdam menuju Bale Pesandekan disambut Dandim 1623/Karangasem, Kapolres Karangasem, Camat Rendang dan Ketua Panitia IBTK ( Ida Bhatara Turun Kabeh) I Nyoman Artana.

Sambil istirahat di Bale Pesandekan Pangdam IX/Udayana beserta rombongan mendengarkan penjelasan tentang sejarah Pura Agung Besakih yang disampaikan oleh Ketua Panitia IBTK I Nyoman Artana. Selanjutnya Pangdam menuju Utama Mandala Pura Agung Besakih untuk melaksanakan doa yang dipimpin oleh Jero Mangku Dharma. Mengakhiri kegiatan kunjungannya Pangdam IX/Udayana menyerahkan Dana Punia untuk Pura Agung Besakih yang diterima oleh Bendesa Adat Besakih dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Setelah melaksanakan kunjungannya di Pura Agung Besakih Pangdam IX/Udayana beserta rombongan menuju ke Pura Goa Lawah. Setibanya di Balai Pesandekan (Wantilan) diterima Pangdam IX/Udayana disambut oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Klungkung Ibu Sulistiawati, Bendesa Pura Goa Lawah, Dandim 1610/Klungkung, Kapolsek Dawan, Camat Dawan dan Tokoh Pura Goa Lawah. Selanjutnya Pangdam beserta rombongan menuju Utama Mandala Pura Goa Lawah dilanjutkan Penyerahan Dana Punia untuk Pura Goa Lawah yang diterima Bendesa Pura Goa Lawah Bagus Darmayasa.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana,S.E.,M.M. menyampaikan bahwa anjangsana Pangdam IX/Udayana tersebut bertujuan untuk Nyinahang Angga (memperkenalkan diri) kepada tokoh Agama, tokoh Adat sebagai pejabat baru di Bali, serta mohon doa restu agar diberikan keselamatan, kekuatan dan kesuksesan dalam melaksanakan tugas dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bali.

Turut hadir mendampingi Pangdam IX/Udayana diantaranya: Danrem 163/WSA, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aspers Kasdam IX/Udayana, Pamen Ahli Bidang Ideologi dan Politik Sahli Pangdam IX/Udayana, Kabintaljarahdam IX/Udayana serta Ibu-ibu Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana. (Pendam IX/Udy) (TIM)

Editor : zonaperistiwa